Peragaan Busana SMKN1 Sedan:

Ajang Kompetisi dan Kreativitas

Siswa Mendesign Busana

busanaGelar peragaan busana  kali kedua ini merupakan puncak kegiatan dari serangkaian Tugas Akhir dan Uji Kompetensi. “Untuk team penguji kami mengundang dari dunia industri CV. Catelia Rembang sebagai Assessor” kata Catik Maryami Kajur Tata Busana. Uji kompetensi yang meliputi; Rancangan/design busana, pembuatan busana, display dan peragaan diatas catwalk.

Rancangan-rancangan tersebut diperagakan oleh siswi kelas satu dan dua sebagai modelnya. Sambutan tepuk tangan yang gempita ketika para model masuk dan berlenggak-lengok diatas catwalk memeriahka suasana. Acara yang dihadiri oleh para wali murid dan alumni berlangsung meriah, dan juga menampilkan beberapa pentas seni dari band SMK.

“Design karya anak-anak sini cukup bagus dan creative” ujar ibu Linda, assessor dari CV. Catelia Rembang. “ hasilnya sangat memuaskan untuk ukuran pemula dalam dunia design busana” imbuhnya. Tinggal pemupukan dan peningkatan praktek sehingga mereka akan siap masuk dunia industri agar mereka lebih berkompeten dan professional.

“ Mulai pemilihan tema, pemilihan kesesuaian bahan, dan keharmonisan rancangannya sudah matching, tinggal penambahan polesan-polesan sedikit akan lebih sempurna” kata bu Catik. Memang peragaan kemarin, yang di rancang oleh Nugraheni (pengajar tata busana), memukau para hadirin yang menikmati luwesnya para model dengan iringan musik yang renyah. “ Hal ini merupakan tantangan besar kami untuk mengangkat jurusan tata busana digemari oleh peserta didik”. “Kita hanya punya satu kelas tata busana padahal untuk otomotif kita punya empat kelas” komentar ibu Endangwati, ketua workshop Tata busana.

Letak SMKN 1 Sedan sebenarnya  cukup strategis karena berada di wilayah cluster usaha garmen dan bordir. Mereka merupakan mitra potensial SMK untuk menjalin kerjasama. “ Kedepan kita meningkatkan kerjasama produktif dengan industri diwilayah Sedan, bahkan kami berencana untuk menjajagi kerjasama dengan para pengrajin batik di Lasem” kata Syaeful Anwar kahumas SMK 1 Sedan. “Link sekolahan dan dunia industri adalah mutlak bagi kemajuan outcome sekolah kami”. Agar kita bisa menyesuaikan kurikulum kita dengan perkembangan industri.

Memang paradigma masyarakat terhadap sekolah kejuruan masih relative. SMK masih berjuang merebut simpati peserta didik lulusan sekolah menengah pertama. Padahal SMK mempunyai keunggulan-keunggulan dibanding dengan sekolah umum. Siswa SMK dibekali dengan skill /ketrampilan agar mereka trampil dan sebagai bekal dalam masyarakat. Kedua siswa SMK di didik ilmu kewirausahaan/entrepreneurship. Dengan tujuan mereka akan siap untuk masuk dunia industri atau berwirausaha, maka kedepannya kita harapkan akan banyak bermunculan entrepreneurs yang akan menggerakkan ekonomi bangsa ini. Dan ketiga mereka telah mempunyai pengalaman kerja dalam dunia industri. Program magang di industri (prakerind) merupakan wajib bagi siswa SMK dimana mereka menerapkan ilmunya dalam praktek lapangan. Ketiga hal itu yang tidak dipunyai sekolah umum.

Misi SMKN 1 Sedan mendidik siswa yang kompeten dan berjiwa wirausaha sehingga mereka akan mampu untuk bersaing dan terserap kedunia industri dalam persaingan yang gobal ini. “Untuk itu kami telah bermitra dengan du/di tempat praktek siswa kami antara lain Anne Avantie Semarang dan perusahan garmen di Kudus, Klaten dan Rembang. Untuk jurusan otomotif  kami telah bermitra dengan seluruh cabang Nasmoco di Semarang, Salatiga, dealer resmi Mitsubishi dan bengkel-bengkel di Kudus, Pati , Blora , Tuban dan Rembang sendiri.” ujar A. Fathoni Waka kurikulum SMKN 1 Sedan. (editor moksa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: